Pages

Saturday, May 28, 2011

Qt - Intro

Pernah dengar Qt??? Namanya sedikit aneh, tapi application framework ini ternyata terkenal dikalangan para programmer dan digunakan di banyak software ternama seperti Autodesk Maya, Google Earth, KDE, Adobe Photoshop Album, Skype, VLC Media Player dll.


Apa sih Qt itu??

Qt adalah application framework untuk bahasa pemrograman populer seperti C dan Java atau lebih mudahnya "fungsi-fungsi tambahan" untuk bahasa pemrograman untuk mempermudah para programmer. Salah satu contoh implementasinya adalah GUI atau Graphical User Interface untuk bahasa C. Keuntungan dari Qt ini adalah bersifat cross-platform. Jadi software yang dibuat dengan Qt bisa dijalankan di Windows, Linux dan sistem operasi lain yang mendukung Qt. Selain itu lisensi Qt juga gratis, jadi para programmer bisa menggunakan Qt untuk mengembangkan software gratis maupun berbayar. Qt bisa diintegrasikan ke dalam IDE atau Integerated Development Enviroment seperti NetBeans, Eclipse dan Codeblocks.

Qt sangat membantu untuk membuat software-software GUI, database, 3D dll. Apalagi jika menggunakan Qt SDK (Software Development Kit) untuk mengembangkan software dengan GUI, karena desain softare

Sejarah Qt

Pada tahun 1991, Qt mulai dikembangkan oleh Haarvard Nord dan Eirik Chambe-Eng (CEO dan President Trolltech). Nama Qt diambil dari huruf Q (menurut mereka huruf Q pada teks editor emacs terlihat menarik) dan terinspirasi dari Xt (the X toolkit). Pada awalnya, Qt dibuat untuk sistem Unix dan Windows. Untuk Unix, Qt memiliki lisensi open source, sedangkan pada sistem Windows, Qt berlisensi proprietary alias berbayar.
Kemudian pada tahun 2001, Qt mulai merambah Mac OS X di versi 3.0 dengan lisensi proprietary hingga tahun 2003. Pada tahun 2005, diluncurkan Qt versi 4.0.
Nokia kemudian membeli Trolltech ASA pada 17 Juni 2008 dan mengganti nama Qt Software menjadi Qt Development Frameworks. Setelah itu, Qt mendukung semua device Nokia seperti Symbian S60. Versi pertama dari Nokia Qt SDK dirilis pada tahun 2010. Dirilis dalam dua lisensi, proprietary dan LGPL (Gratis). Qt SDK (Software Development Kit) dapat didownload di web http://qt.nokia.com/downloads.

Hello World!

Berikut contoh coding Qt, Hello World (bahasa pemrograman C) :

#include <QtGui>

int main(int argc, char *argv[])
{
    QApplication app(argc, argv);
    QLabel label("Hello, world!");
    label.show();
    return app.exec();
}

Postingan-postingan tentang Qt berikutnya akan membahas implementasi Qt pada bahasa pemrograman C/C++

No comments:

Post a Comment