Pages

Friday, December 28, 2012

Tips Publish Apps di Windows Phone Store

Pada final LumiaAppsOlympiad yang diadakan oleh Nokia beberapa waktu lalu, setiap peserta harus mem-publish apps mereka di Windows Phone Store sebagai syarat untuk mengambil hadiah. Untuk mem-publish apps di Windows Phone Store paling cepat 5-7 hari. Proses yang paling lama adalah proses sertifikasi untuk memastikan apakah apps Anda dapat berjalan dengan normal di semua device Windows Phone. Banyak finalis yang tertunda tanggal rilisnya karena tidak memperhatikan hal-hal kecil tapi sangat berpengaruh dalam proses sertifikasi. Banyak sekali poin-poin dalam sertifikasi tetapi ada beberapa poin yang paling sering gagal dilewati oleh para developer. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin publish apps di Windows Phone Store.
  1. Lokalisasi
    Pastikan bahasa yang Anda gunakan sebagai bahasa apps dan deskripsi di Windows Phone Store sama. Misalnya jika Anda menggunakan Bahasa Indonesia maka Anda harus mengganti Neutral Language-nya menjadi bahasa Indoensia. Secara default, di Visual Studio, lokal yang terpilih adalah Bahasa Inggris. Begitu juga saat mau submit apps di Windows Phone Dev Center, pastikan Language-nya sesuai dengan bahasa yang Anda gunakan di apps dan deskripsi apps Anda.
    Saya termasuk finalis yang tidak memperhatikan hal ini. Alhasil nilai saya lumayan turun karena apps saya tidak keluar di Windows Phone Store pada saat final (Salah satu nilai yang berpengaruh saat itu). Untuk lebih lengkapnya akan saya bahas manualnya di tulisan selanjutnya.
  2. Screenshot aplikasi
    Pastikan Anda punya banyak screenshot apps. Sekitar 7-8 untuk memastikan apps Anda bisa lolos ke store. Karena ada beberapa teman yang gagal sertifikasi apps hanya karena screenshot yang diupload kurang.
    Untuk lebih lengkapnya akan saya bahas manualnya di tulisan selanjutnya.
  3. Gunakan Try and Catch
    Gunakan Try untuk baris-baris yang rentan error. Misalnya, Anda ingin mengambil konten dari internet, kemudian konten yang muncul tidak sesuai dengan Anda harapkan (Contoh: tidak bisa di konversi ke JavaScript Object Notation atau JSON). Hal ini sangat rentan terjadi error dan apps Anda crash. Maka gunakan Try and Catch supaya apps Anda tidak crash. Salah satu syarat agar aplikasi Anda bisa di-publish adalah tidak crash.
  4. Percepat waktu load Apps
    Waktu load apps saat pertama kali dijalankan sebaiknya kurang dari 10 detik. Jika waktu load apps Anda lama, bisa-bisa apps Anda tidak lolos di bagian sertifikasi. Salah satu cara untuk mencoba apakah apps Anda tidak crash saat pertama kali dijalankan adalah dengan Run without Debug pada emulator ataupun device 
  5. Testing sebelum publish
    Sudah pasti semua apps yang dipublish oleh developer harus melewati uji pemakaian. Lakukan hal-hal yang dapat membuat apps Anda error untuk memastikan apps Anda tidak crash. Jika Anda punya device, cobalah untuk testing di device.
Berikut tips-tips dari saya dan yang saya ketahui agar apps Anda sukses di publish di Windows Phone Store. Memang prosesnya sangat ketat, tapi itu semua demi kebaikan konsumen Windows Phone agar tidak terganggu dan Alhamdulillah apps saya sudah rilis di Windows Phone. Bagi yang punya Windows Phone bisa   dijajal appsnya di sini

Kritik dan saran yang membangun sangat saya butuhkan untuk menjadi developer yang lebih baik :D

No comments:

Post a Comment