Pages

Monday, September 26, 2011

Sharing Internet dengan Connectify

Setelah saya membeli smartphone Android, saya bingung kenapa pulsa saya cepat habis. Ternyata Android selalu membutuhkan koneksi internet agar fungsi-fungsi aplikasi/apps lebih maksimal dan paket data lupa saya matikan. Salah satu solusinya adalah sharing internet melalui wifi.
Tools yang kita butuhkan adalah:
  • PC/Laptop dengan Windows 7/Vista/XP terinstall. (Windows Vista dan XP hanya mendukung mode Ad-Hoc, jadi tidak bisa bekerja seperti Access Point)
  • Wireless LAN
  • Software Connectify (Bisa di-download di sini, Pilih yang Lite)
Berikut langkah-langkanya

1. Install Connectify
2. Restart komputer, Connectify akan jalan pada startup
3. Isi Hotspot Name, berhubung yang kita gunakan versi lite maka Connectify tidak bisa dihapus.
4. Isi Password, minimal 8 karakter.
5. Pilih koneksi Internet, di sini saya menggunakan koneksi dari modem dengan nama FlexiEVDO-m8.   Untuk melihat koneksi, bisa dilakukan seperti dengan meng-klik icon  seperti pada gambar dibawah ini


6. Pada bag. Wi-Fi, pilih Wireless Network Connection
7. Pada bag. Security Mode, pilih Access Point, WPA2-PSK



8. Jika sudah selesai, klik Start Hotspot.

Hotspot sudah bisa digunakan. Nyalakan perangkat yang bisa terkoneksi dengan Wi-Fi untuk melakukan tes. Connectify tidak hanya untuk sharing internet, kita juga bisa bermain game seperti Counter-Strike atau DoTA atau sharing files.

Semoga bermanfaat :D



No comments:

Post a Comment